Bupati Malaka Tinjau Lokasi Pembangunan Puskesmas Weliman

BETUN, TIMORline.com-Bupati Malaka Stefanus Bria Seran meninjau lokasi pembangunan Puskesmas Weliman Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Peninjauan yang dilakukan pada Sabtu (13/04/2019) ini mengikut-sertakan sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Antara lain Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka drg. Paskalia Frida Fahik, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka Albertus Bria, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Johanes Bernando Seran, Kasat Polisi Pamong Praja (Pol PP) Daniel Bria dan Kepala Bagian Pembangunan pada Sekretariat Kabupaten (Setkab) Malaka Martinus Manek Bere.

Peninjauan lokasi ini, menurut Bupati Stefanus, penting dilakukan untuk memastikan lokasinya benar ada dan tidak bermasalah. Sebab, Puskesmas dimaksud akan dibangun dalam 2019 ini.

Pengukuran lokasi pembangunan Puskesmas Weliman, Sabtu (13/04/2019), disaksikan Bupati Malaka Stefanus Bria Seran (kanan). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

“Puskesmas yang dibangun ini berprototipe nasional. Sehingga, kita harus pastikan lokasinya baru mulai dibangun. Kita akan bangun satu lantai”, tandas Bupati Stefanus.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Malaka drg. Paskalia Frida Fahik menjelaskan, Puskesmas Weliman yang akan dibangun adalah puskesmas non rawat inap.

“Puskesmas yang kita bangun adalah Puskesmas non rawat inap. Sehingga, bangunannya satu lantai”, jelas Frida.

Saat ini, di Kabupaten Malaka terdapat 20 Puskesmas. Sebarannya di 12 kecamatan. Delapan Puskesmas di antaranya gedungnya dibangun dengan prototipe nasional.

Pada 2019 ini sudah pasti dibangun dua puskesmas lagi. Gedungnya dibangun berprototipe nasional, yakni Puskesmas Weliman dan Puskesmas Tafuli di Kecamatan Rinhat, wilayah Kabupaten Malaka yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Saat peninjauan, Bupati Stefanus menanyakan lahan di sekitar lokasi kepada Kepala Puskesmas Weliman Stanislaus Seran Klau apakah termasuk lokasi yang diperuntukkan bagi pembangunan Puskesmas Weliman atau tidak. Pengukuran pun langsung dilakukan petugas. Tepatnya di depan gedung Puskesmas Weliman saat ini.

Dari pengukuran yang dilakukan petugas, lokasi yang dipastikan diperuntukkan bagi pembangunan Puskesmas Weliman berukuran 32 x 22 meter.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *