Kelas IX SMPN Kletek-Malaka Adakan Ujian Praktik Seni Budaya

BETUN, TIMORline.com-Siswa-siswi Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kletek Desa Kletek Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (11/03/2019), mengikuti ujian praktik di sekolah. Mereka didampingi guru Spesialis Seni Budaya Dewi Purwati Dewansa.

Sesuai pantauan media, peserta ujian tampak sangat antusias mengikuti ujian praktik bernyanyi dan tarian bidu yang dibaluti kain adat khas Malaka.

Guru Spesialis Seni Budaya Dewi Purwati Dewansa di sela-sela pelaksanaan ujian praktek mengatakan, kegiatan ujian praktik bertujuan memberikan nilai  kepada siswa-siswi sebagai syarat untuk memenuhi nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Menurut Dewi, kegiatan praktik  Seni Budaya SMPN Kletek ini ada beberapa lagu yang dinyanyikan, yaitu lagu wajib Rayuan Pulau Kelapa, dan lagu bebas lagu daerah Oras Loro Malirin. Selain itu, di akhir kegiatan akan dilanjutkan dengan tarian bidu.

Kepala SMPN Kletek Agustinus Teti kepada media menjelaskan, ujian praktik tersebut untuk diberikan nilai guna memenuhi syarat Ujian Nasional.

Ia menjelaskan, dengan adanya ujian praktik tersebut, siswa-siswi diharapkan bisa terus melestarikan kebudayaan dan tarian Malaka. Selain itu, siswa juga bisa mengetahui lagu nasional dan lagu daerah Oras Loro Malirin yang sudah melegenda.

“Kita perlu pertahankan dan melestarikan kebudayaan kita melalui praktik-praktik seperti ini”, ujar Agustinus.

Salah satu siswa Kelas IX, Maximus Seran Bria mengaku sangat senang karena di sekolahnya bisa melakukan ujian praktik  seni budaya dan lagu Wajib Nasional dan lagu Daerah.

Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *