Umat Katolik Malaka-NTT Doakan Pemilu 2019 Berjalan Damai

BETUN, TIMORline.com-Umat Katolik yang berada di wilayah pastoral Dekenat Malaka Keuskupan Atambua Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berdoa bersama agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang berjalan damai.

Doa bersama itu dilakukan saat Doa Umat Misa Hari Minggu I Prapaskah di Gereja Santa Maria Fatima Betun, Minggu (10/03/2019).  Misa hari minggu dan doa bersama ini dipimpin langsung Deken Malaka Romo Edmundus Sako, Pr.

Romo Edmundus dalam doa itu mengajak umat katolik setempat tetap menjaga suasana damai dalam Pemilu 2019. Baik pemilihan anggota Dewan maupun pemilihan presiden dan wakil presiden (wapres).

Sebab, dalam suasana politik seperti saat ini, banyak pihak ingin menggoalkan kepentingannya dengan mengorbankan orang lain.

“Kita doakan para pemimpin bangsa Indonesia untuk selalu mengedepankan perbedaan. Tetapi, perbedaan hendaknya tidak memecah-belah kita dan merusak perdamaian umat manusia”, demikian Romo Edmundus.

Selain berdoa untuk kelangsungan Pemilu 2019, Romo Edmundus mengajak umat katolik yang hadir untuk selalu mendoakan para pimpinan daerah baik sipil maupun Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Doa yang sama yang dilakukan pula terhadap para anggota Dewan mulai dari pusat sampai daerah. Harapannya, para anggota Dewan itu sudi mendengar jeritan hati masyarakat Indonesia dengan terus menebar kedamaian.

Para calon anggota Dewan mulai dari daerah sampai pusat pun mendapat doa yang sama.

Untuk menjaga suasana keamanan politik 2019, Romo Edmundus mengharapkan umat katolik tidak membuat pesta yang berlebihan, minum mabuk dan melakukan kejahatan-kejahatan yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

“Umat katolik harus menjadi juru damai umat manusia dan selalu memiliki sikap tobat yang sempurna dengan memanfaatkan masa puasa untuk berpuasa dan berpantang seperti saat ini”, demikian Romo Edmundus.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *