Komunitas Relawan GESER NTT Bantu SDN Melati Kilakawada-Alor

BETUN, TIMORline.com-Komunitas Relawan Gerakan Seribu Rupiah (GESER) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membantu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Melati Kilakawada-Tawala Desa Mataru Utara Kecamatan Mataru Kabupaten Alor Propinsi NTT.

Antoneta Uki, salah satu komuniter Relawan GESER NTT melalui akun facebooknya kepada Biro Redaksi TIMORline com Kabupaten Malaka di Betun, Jumat (08/03/2019), menjelaskan, bantuan dimaksud berupa barang dan uang yang disumbangkan Relawan GESER di seluruh penjuru dunia.

Sesuai rencana, sumbangan yang diterima komunitas akan digunakan  untuk membangun sebuah bangunan sekolah layak pakai dan pengadaan pakaian seragam bagi para murid.

“Pendidikan memang tidak menjamin sukses tapi tanpa pendidikan kehidupan menjadi lebih sulit”, begitu tulis Antoneta.

Kondisi bangunan SDN Melati Kilakawada Kabupaten Alor. (Foto: Istimewa).

Menurut Netha, begitu akrabnya Antoneta, nasib anak-anak SDN Melati Kilakawada-Tawala berbeda dengan kebanyakan anak-anak usia sekolah lainnya di tempat lain.

Baginya, anak-anak lain di sekolah lain kebanyakan bersekolah di sekolah yg layak, memiliki fasilitas yang mewah, memiliki seragam yang bagus dan beragam. Mereka juga memiliki buku tulis bahkan buku pelajaran yang lengkap. Tetapi, di SDN Melati Kilakawada para murid memiliki hanya sebuah bangunan sekolah reot.

Selain itu, gedungnya kecil dan beratapkan belahan bambu. Saat hujan, air tembus ke dalam. Sedangkan lantainya tanah yang berdebu.

Pakaian yang digunakan pun ada yang terlihat sedikit lusuh, compang-camping. Mirisnya, di antara mereka ada yang menggunakan baju pramuka dipasangkan dengan  celana/rok merah, baju putih dan bawahan celana/rok pramuka.

Bahkan, ada yang jangankan sepatu, sandal saja tidak pakai karena tidak punya.

Saat Relawan GESER NTT melakukan survei terhadap kondisi sekolah ini pada akhir Pebruari lalu,  salah satu murid meminta Relawan GESER cukup membelikan buku tulis, balpoin, pensil dan cemilan.

“Melihat kondisi mereka kami mengajak kita semua untuk berbagi bersama adik-adik  SDN Melati berupa dana, alat tulis sekolah, seragam dan lainnya”, kata Netha.

Relawan GESER juga sedang menggalang dana untuk membangun gedung yang layak ala GESER bagi mereka. Bahkan, lahan untuk lokasi pembangunan gedung sekolah sudah disurvei  Relawan GESER bersama  pihak sekolah dan  pemerintah setempat.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *