Paspampres Wakili TNI Ikut Kejuaraan Merpati Putih Open 2019

JAKARTA, TIMORline.com-Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mewakili Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti Kejuaraan Merpati Putih Open 2019 yang direncanakan berlangsung dari 28 Pebruari sampai 2 Maret 2019.

Keikutsertaan TNI  dalam kejuaraan pencak silat ini baru pertama kali. Karena itulah Bernadus Herman Leu sebagai pelatih yang dihubungi melalui WhatsApp-nya di Jakarta, Jumat (22/02/2019), menjelaskan, atlet Paspampres yang mewakili tiga  kesatuan TNI harus benar-benar dipersiapkan.

“Latihannya harus benar-benar all out. Sehingga, perlu ada pemusatan latihan”, tandas Bernadus.

Menurut Bernadus, tekad manajemen, pelatih dan para atlet Merpati Putih dari Paspampres adalah datang sebagai pemenang. Sekali pun kalah harus kalah secara terhormat dengan menjunjung tinggi sportivitas”, katanya.

Untuk mewujudkan tekad itu, Bernadus menggembleng para atletnya  dengan lebih mengintensifkan latihan selama satu bulan sejak Januari lalu.  “Nama besar Paspampres dan profesi kita dipertaruhkan”, katanya.

Peserta yang mengikuti even ini mendaftarkan diri secara online terhitung 3 Januari sampai dengan awal Pebruari lalu.

“Kuota pesertanya terbatas, hanya 200 orang”, demikian Bernadus.

Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open 2019 ini memperebutkan Piala Panglima TNI dan Pemecahan Rekor MURI Peragaan Jurus Tunggal Tangan Kosong dengan 2000 Pesilat.

Kejuaraan ini direncanakan berlangsung di Gelanggang Olahraga Ciracas Jln. Raya Bogor Ciracas Jakarta Timur pada 28 Pebruari sampai dengan 2 Maret 2019.

Dalam Proposal Merpati Putih Open 2019 yang dikirim Bernadus melalui WhatsApp-nya ke redaksi TIMORline.com disebutkan, kejuaraan tersebut dimaksudkan sebagai upaya pelestarian budaya bangsa, mempererat tali persaudaraan antarperguruan pencak silat, menjaring pesilat potensial, berbakat dan berprestasi untuk mewakili Indonesia di even-even nasional dan internasional, dan sebagai sarana evaluasi para pembina dan pelatih menjadi lebih baik.

Sebagai penyelenggara kejuaraan ini adalah PPS. Betako Merpati Putih Pengurus Daerah Jawa Barat bekerjasama dengan PB. Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Korps Lembaga Wasit Juri DKI Jakarta.

Kategori pertandingan adalah Pemasalan Kategori Tanding dan Kategori Jurus Tunggal Tangan Kosong bagi atlet berusia SD dan SMP.

Ada pula kategori pertandingan Prestasi dengan sistem gugur yang berusia 17-27 tahun.

Kepada para juara, panitia menyediakan medali emas, perak dan perunggu. Selain itu ada pula piala bergilir Panglima TNI, Piala Tetap Kepala Staf TNI-AD, Piala Tetap Kepala Staf TNI-AU dan Piala Tetap Kepala Staf TNI-AL.

Ada pula hadiah uang pembinaan bagi atlet juara Kategori Pemasalan Tingkat SD: Juara Umum I Rp3 juta, Juara Umum II Rp2 juta dan Juara Umum III Rp1,5 juta dan peserta terbanyak Rp2,5 juta.

Jumlah hadiah  yang sama diberikan kepada atlet juara Kategori Pemasalan Tingkat SMP.

Sedangkan bagi atlet juara Kategori Prestasi, kepada Juara Umum I diberikan hadiah uang pembinaan sebesar Rp15 juta, Juara Umum II Rp7 juta, Juara Umum III Rp5 juta, Pesilat Terbaik Putera Rp2,5 juta dan Pesilat Terbaik Puteri Rp2,5 juta.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *