TPDI Desak Kapolri dan Kapolda NTT segera Tindak Anggota Polres Manggarai

JAKARTA, TIMORline.com-Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) mendesak Kapolri dan Kapolda NTT segera menindak tegas Kapospol Elar Polres Manggarai Bripka Lalu Sukiman.

Sebab, Bripka Sukiman dinilai telah bertindak sewenang-wenang dengan menganiaya Herman Mbawa pada 29 Nopember 2018. Tindakan Bripka Sukiman itu kemudian dilaporkan Herman ke Polres Manggarai pada 30 Nopember 2018. Tetapi, hingga saat ini Herman belum pernah mendapat Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP).

Pada 7 Desember 2018 malahan Bripka Sukiman  melapor balik Herman ke Polres Manggarai dengan dalih fitnah.

Ketua TPDI Petrus Selestinus menilai tindakan lapor balik itu sebagai tindakan sewenang-wenang, tidak bersikap profesional

dan tidak menghormati hak-hak warga masyarakat.

“Penyidik tidak boleh memihak apalagi  menghentikan penyelidikan  Laporan Polisi Herman Mbawa, selaku korban penganiayaan polisi”, kata Petrus dalam pernyataan sikapnya yang diterima TIMORline.com, Rabu (13/02/2019).

Petrus menilai, sikap melindungi kepentingan korps secara berlebihan hanya melahirkan sikap tidak simpatik yang meluas dari masyarakat terhadap polisi. Sebab,  Kapolres Manggarai dianggap bersikap tidak adil dalam proses penyidikan dan tidak mendidik anggotanya yang sering bertindak main hakim sendiri terhadap rakyat kecil.

Tindakan main hakim sendiri ini pun dinilai  merusak profesionalisme polisi dan mencoreng Program Kapolri yang terkenal dengan nama PROMOTER, yakni   Profesional, Modern dan Terpercaya.

Karena itulah Petrus mendesak Kapolri dan Kapolda NTT segera menindak tegas Bripka Sukiman.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang copy