Yohanes Usboko, Ketua Komunitas Flobamora Timor Leste 2019-2024

DILI, TIMORline.com-Yohanes Usboko yang selama ini memimpin Komunitas Flobamora Timor Leste terpilih kembali untuk  masa bakti 2019-2024. Pemilihan itu berlangsung secara demokratis, jujur dan adil di Aula Serba Guna Gereja Hosana, Dili, Minggu (20/01/2019).

Panitia pemilihan yang diketuai Boby Leo dengan Pastor Urbanus Bunga Lolon, SVD selaku Pembina dan Victor Gogo sebagai penasihat, menetapkan tujuh anggota Flobamora  maju sebagai calon dengan nomor urut masing-masing.

Ke-7 calon itu adalah Emmy Kezia (Nomor Urut 1), Yohanes Usboko (2), Aloysia Suban (3), Leocadia de Jesus (4), Agustinus Feoh (5), Kornelia Nuria (6) dan Sherly Lay Rade (7).

Panitia memperlihatkan surat suara pemilihan Badan Pengurus Komunitas Flobamora Timor Leste.

Yohanes Usboko yang memimpin Komunitas Flobamora sejak berdiri, merupakan calon terkuat. Bahkan, terpilih kembali menjadi Ketua Komunitas Flobamora periode 2019-2024. Dari 55 surat suara sah, Yohanes Usboko mengantongi 21 suara sekaligus unggul dua suara atas Aloysia Suban yang  meraih 19 suara, sebagaimana diberitakan Suara Timor Lorosae.

Sementara itu, lima calon lainnya, masing-masing Agustinus Feoh (11 suara), Emmy Kezia  dan Sherly Lay Rade masing-masing memperoleh dua suara. Sedangkan Kornelia Nuria dan Ibu Leocadia de Jesus tidak mendapat suara.

Warga Flobamora Timor Leste berharap kepengurusan kali ini dipimpin kaum perempuan. Tetapi, harapan itu kandas  karena Yohanes Usboko yang terpilih kembali sebagai ketua.

Pada saat penghitungan suara,  suasana berlangsung tegang. Sebab, suara untuk tiga calon,  yakni Yohanes Usboko, Aloysia Suban dan Agustinus Feoh saling kejar-kejaran.

Awalnya, Aloysia Suban yang memimpin perolehan suara dengan meraih 10 suara, sementara Yohanes Usboko baru mendapat tujuh suara. Tetapi, perolehan  suara untuk Aloysia Suban yang sudah mencapai 19 suara, tertahan. Perolehan suara untuk Yohanes Usboko malahan semakin melejit dengan bertambah satu suara menjadi 20 suara. Wajah warga Flobamora yang hadir dalam pemilihan itu terlihat semakin tegang karena kertas suara  yang ada di dalam kotak suara tinggal satu.

Perhitungan surat suara pemilihan Badan Pengurus Komunitas Flobamora Timor Leste.

Pastor Urbanus Bunga Lolon, SVD  yang memimpin perhitungan suara didampingi dua saksi, yakni Pdt. Novie    Pandie dan Mikael M. Mau, secara perlahan-lahan mengeluarkan kertas suara terakhir dari kotak suara. Setelah diperlihatkan kepada saksi, ternyata surat suara terakhir ini coblosnya di Nomor Urut 2 yang merupakan nomor urut  Yohanes Usboko.

Suasana yang tadinya tegang jadi cair dan tepukan tangan riuh memenuhi ruangan pemilihan. “Ini merupakan latihan untuk pemilu serentak yang akan dilakukan rakyat Indonesia, termasuk WNI di Timor Leste pada 17 April mendatang,” kata  Pastor Urbanus Bunga Lolon, SVD.

Ketua terpilih Komunitas Flobamora Yohanes Usboko menyampaikan terimakasih  yang sedalam-dalamnya atas semua dukungan warga Flobamora  yang telah memberi kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin komunitas ini lima tahun ke depan.

“Ini merupakan suatu tantangan dan tanggungjawab yang berat, tapi karena sudah diberi kepercayaan, saya  bersama teman-teman yang duduk dalam badan pengurus akan bekerja lebih optimal lagi,” tuturnya sambil tersenyum.

Badan Pengurus Komunitas Flobamora periode 2019-2024 ini dikukuhkan dengan doa  berkat dari Pdt. Moses da Silva dalam Acara Natal Bersama  dengan tema: “Kita Basodara”.

Natal bersama berlangsung di Gereja Hosana Dili.  Selain anggota Flobamora, natal bersama ini dihadiri pimpinan sejumlah komunitas, ibu-ibu Santa Elisabeth, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), suster, pastor, para pendeta  serta undangan lainnya.

Duta Besar  Indonesia untuk Timor Leste, Sahat Sitorus  yang hadir dalam acara liturgi ibadah Natal Bersama Komunitas  Flobamora mengucapkan selamat kepada Badan Pengurus  Flobamora periode 2019-2024. Dubes Sitorus berharap badan pengurus bekerja dengan baik dan mempersatukan semua anggotanya serta terus mempererat tali persaudaraan dengan komunitas-komunitas lainnya, seperti Batak Diak Los dan Ibu-ibu Santa Elisabeth.

Secara lengkap kepengurusan Komunitas Flobamora periode 2019-2024 ini terdiri dari Yohanes Usboko (Ketua), Aloysia Suban (Wakil Ketua), Agustinus Feoh (Sekretaris I), Emmy Kezia (Sekretaris II) Sherly Lay Rade (Bendahara I) dan Mada Koten (Bendahara II).  Badan pengurus ini akan dilengkapi seksi-seksi.

Sumber: Suara Timor Lorosae

Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *