Masyarakat Malaka Antusias Manfaatkan Pelayanan SIM Keliling

BETUN, TIMORline.com-Masyarakat Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terutama yang bermukim di wilayah Kecamatan Malaka Tengah, Malaka Barat, Weliman dan Wewiku sangat antusias memanfaatkan Pelayanan SIM Keliling di Halaman Markas Polsek Malaka Tengah, Jumat (23/11/2018).

Informasi yang diperoleh TIMORline.com dari Humas Polsek Malaka Tengah,  menyebutkan, Pelayanan SIM Keliling ini sangat diminati masyarakat Malaka. Tetapi, pelayanan ini lebih mengutamakan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi masyarakat Malaka dan Belu.

Salah satu tokoh pemuda Desa Harekakae Piet Klau yang mengurus SIM C  berterimakasih dan mengaku sangat senang dengan  adanya Pelayanan SIM Keliling yang dilakukan Sat Lantas Polres Belu.

“Pelayanan seperti ini  sudah membantu kami dan  tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk perpanjang SIM  di Atambua”, kata Piet.

Kesan serupa disampaikan Kepala Puskesmas Besikama Yohanis Blegur. “Ini namanya mendekatkan pelayanan SIM kepada masyarakat”, katanya.

Bintara Urusan (Baur)  SIM  Satuan Lantas Polres Belu Aiptu Sahlim menjelaskan,  Pelayanan SIM Keliling ini untuk menindaklanjuti kebijakan Kapolres Belu dalam  mendekatkan pelayanan polisi kepada masyarakat, yakni perpanjangan SIM A dan SIM C.

Menurut Sahlim,  untuk pelayanan SIM bagi masyarakat Malaka, pihaknya akan melakukan pelayanan   2-3 kali dalam sebulan.

Kades Naimana Dominikus Knaofmone sedang mengisi formulir permohonan SIM di bawah pohon di halaman Mapolsek Malaka Tengah, Jumat (23/11/2018). Warga Malaka lainnya juga sedang melakukan hal serupa. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Sesuai pantauan TIMORline.com, masyarakat yang datang mengurus SIM ini terdiri dari laki-laki maupun perempuan. Terlihat, Kepala Puskesmas Besikama Yohanis Blegur, Kepala Puskesmas Weliman Stanislaus Klau Seran dan Kepala Desa Naimana Dominikus Knaofmone ikut mengurus SIM. Urusan yang sama dilakukan

Kadis Koperasi, Perdagangan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Malaka Stefanus Klau.

Warga yang berdatangan di halaman Mapolsek Malaka Tengah sejak pagi tampak sibuk mengisi formulir. Setelah diisi, formulir tersebut diserahkan kepada petugas baik yang ada di dalam bis Pelayanan SIM Keliling maupun petugas bank dan kesehatan yang berada di parkiran Mapolsek Malaka Tengah.

Bagi warga yang sudah membawa persyaratan lengkap, seperti Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) keluaran Belu dan Malaka, dan pas foto dua lembar, sudah bisa membawa pulang SIM A atau C beberapa menit kemudian.

Pencetakan SIM dilakukan langsung Baur SIM Sat Lantas Polres Belu Aiptu Sahlim di dalam bis Pelayanan SIM Keliling.

Seorang warga tampak sangat gembira setelah menerima SIM-nya. Sebab, selama ini dia selalu menghindari Polantas kalau ketahuan sedang melakukan operasi di Malaka. Sekira pukul 13.00 wita,  loket pelayanan ditutup.  (cyk/til)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *