Darius Un, Lulusan ke-3 Tes CPNS Bidang Pendidikan di Malaka

BETUN, TIMORline.com-Darius Religius Anisius Un, peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 di Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) keluar sebagai  lulusan ke-3  bidang pendidikan di Malaka. Dua lulusan lainnya adalah lulusan Bahasa Inggris dan lulusan Fisika.

Dia mengikuti tes pada sesi kedua hari ketiga, Selasa (06/11/2018). Kelulusan Darius diketahui publik Malaka terutama sesama peserta  sebelum tes selesai  melalui layar lebar yang dipajang di halaman Kantor Bupati Malaka.

Sehingga, seusai tes, Darius mendapat ucapan selamat dari keluarga yang mendampinginya datang mengikuti tes dan para sahabat yang duduk berjubel di tenda.

Kepada media, Darius menjelaskan, tidak ada trik khusus baginya saat mengikuti tes dan lulus. Tetapi, saat menjawab pertanyaan, dia mengerjakan pertanyaan yang mudah terlebih dahulu.

Pertanyaan-pertanyaan  itu, menurut  Darius, ada dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Supaya tidak berlama-lama dan kehabisan waktu, Darius hanya membaca awal dan akhir pertanyaan lalu membuat kesimpulan.

Hasilnya, TWK mendapat nilai 95, Tes Intelijensi Umum (TIU) mendapat nilai 80 dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP) mendapat nilai 143.

“Saya percaya diri  dan bayang-bayang pertanyaan saja”, kata Darius.

Darius adalah anak pertama dari lima bersaudara, dari pasangan ayah-ibu Yoseph Nana-Petronela Lusia Mau. Empat saudaranya yang lain adalah Irvan, Nando, Rio dan Ris.

Dia lulus dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang pada  Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  (PGSD) Strata-1.

Seusai kuliah, Darius kembali ke kampung dan mengajar di SDI Man Man Desa Boni Bais Kecamatan Laenmanen. Untuk mengikuti tes CPNS, Darius melamar sebagai Guru Kelas Ahli Ppertama di SDI Abat Bot.

Pria kelahiran Abat Bot 28 Desember 1993 itu menjalani pendidikan Sekolah Dasar di SDI Abat Bot, sekolah menengah pertama di SMPN Laenmanen, sekolah menengah atas di SMAN 01  Atambua dan kuliah di Undana Kupang. (cyk/til)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *