Puluhan Kendaraan Roda Dua Terjaring Operasi Zebra Turangga 2018 di Malaka

BETUN, TIMORline.com-Pihak Satuan Lalulintas (Satlantas) pada Kepolisian Resor (Polres) Belu di wilayah hukum Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (03/11/2018), berhasil menjaring puluhan kendaraan roda dua.

Operasi ini merupakan Operasi Zebra Turangga 2018 dalam cipta kondisi Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Kasat Lantas Polres Belu AKP Harman Sitorus menjelaskan, yang menjadi sasaran operasi ini adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, dokumen kendaraan yang tidak lengkap atau tidak ada, kebut-kebutan, pengendara masih di bawah umur, lawan arus dan kendaraan roda empat yang melebihi muatan.

Hal ini dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas  dan mengurangi angka pelanggaran lalulintas.

Karena itu Kasat Harman mengharapkan masyarakat Malaka taat dan disiplin berlalulintas dengan menggunakan helm  saat berkendara. Pun masyarakat diharapkan melengkapi semua dokumen kendaraannya.

Operasi serupa sudah dilakukan di Kabupaten Belu. Operasi ini akan berlangsung selama dua pekan terhitung 30 Nopember sampai dengan 14 Desember 2018. Operasi ini dilakukan secara acak. Sehingga, jadwal operasinya tidak bisa disampaikan ke publik.

Hasil Operasi Zebra Turangga 2018 hari pertama di Kabupaten Malaka yang diparkir di halaman Mapolsek Malaka Tengah Betun, Sabtu (03/11/2018). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Di Malaka, operasi hari pertama ini berlangsung dari pagi, siang hingga sore. Lokasinya di beberapa titik, antara lain di pasar, lapangan dan jalanan.

“Titiknya di pasar, lapangan dan jalanan. Bahkan tadi kita sampai di Weoe dan Besikama”, kata Kasat Harman.

Menurut Harman, kendaraan yang berhasil dijaring belum dipastikan jumlahnya. Sebab,   pihaknya masih melakukan pendataan. Tetapi, saat operasi diketahui kalau pelanggaran  pengendara  tidak menggunakan helm lebih dominan.

Sesuai pantauan TIMORline.com, puluhan kendaraan yang berhasil dijaring diparkir di halaman Mapolsek Malaka Tengah. Para pemilik kendaraan tampak berkumpul di luar pagar dan halaman Mapolsek sambil memandangi  puluhan kendaraan yang diparkir di halaman Mapolsek.

Ada sebagian  pemilik  sepeda motor yang datang langsung berurusan dengan petugas Satlantas. Sebaliknya, ada petugas Satlantas yang melayani para pemilik kendaraan. Petugas Satlantas lainnya malahan masuk-keluar Mapolsek membawa kendaraan yang berhasil  dijaring.  (cyk/til).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *