Pejabat Kemenkes RI Monitor Pembangunan Puskesmas Tunabesi-Malaka

BETUN, TIMORline.com-Lima pejabat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama-sama dengan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (25/10/2018), melakukan kunjungan ke Desa Tunabesi Kecamatan Io Kufeu. Kunjungan ini untuk memonitor pembangunan Gedung Puskesmas Tunabesi.

Sugiarto, Kepala Seksi (Kasi) Peralatan Puskesmas pada Kemenkes RI bersama rombongan  tiba di lokasi sekira pukul 12.30 wita. Mereka diterima Kepala Puskesmas Tunabesi Theresia Imelda Bubu dan staf.

Kepada Sugiarto, Imelda menginformasikan kalau kegiatan pembangunan Puskesmas Tunabesi baru dimulai Oktober 2018.

Atas informasi itu, Sugiarto  berjalan keliling lokasi bangunan untuk melihat sendiri kondisi pekerjaan yang sesungguhnya.

Saat bertemu Anwar yang diketahui merupakan kepala tukang, membicarakan beberapa hal. Antara lain mengapa progres pekerjaan masih seperti saat ini. Kontraktor mana  pula yang mengerjakannya. Kontraktornya tinggal  di mana. Apakah pekerjaannya bisa selesai tepat waktu.

Di hadapan Sugiarto dan TIMORline.com, Anwar berjanji untuk mempercepat pekerjaan. Sehingga, dia yakin pekerjaan yang ada bisa selesai tepat waktu.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Malaka Herman Klau tampak  kesal melihat progres pekerjaan yang ada. Sebab, kegiatannya baru fondasi. Itu pun belum rampung. Sebab, fondasinya belum dicor. Sedangkan tembok dan lainnya belum sama sekali.

Menurut Herman, sudah risiko kalau progres pekerjaan seperti saat ini. Sebab, lokasinya jauh dari pantauan dinas.

“Kalau pekerjaannya tidak digenjot, tidak selesai tepat waktu”, tandas Herman.

Kepala Dinkes Kabupaten Malaka drg.  Paskalia Frida Fahik berharap pekerjaan yang ada selesai tepat waktu. Dia enggan bicara banyak karena monitoring ini dilakukan pihak kementerian.

Kepala Puskesmas Tunabesi Theresia Imelda Bubu (tengah) sedang memberi penjelasan kepada pejabat Kemenkes RI terkait peralatan kesehatan yang dimiliki Puskemas Tunabesi. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Kepala Puskesmas Tunabesi Theresia Imelda Bubu enggan bicara soal progres pekerjaan. Dia tampak membawa  pejabat kementerian secara bergantian melakukan pengecekan alat kesehatan dari ruangan ke ruangan. Antara lain ruang inap  dan bersalin pasien.

Kunjungan tim Kemenkes RI ini ke Malaka untuk memonitor pembangunan  empat puskesmas di wilayah Kabupaten Malaka, yakni Puskesmas Betun di Kecamatan Malaka Tengah, Puskesmas Biudukfoho di Kecamatan Rinhat, Puskesmas Sarina di Kecamatan Botin Leobele dan Puskesmas Tunabesi di Kecamatan Io Kufeu. (cyk/til).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *