Kantor Rusak Parah, Camat Yan Kabosu: Sudah Terlalu Tua

BETUN, TIMORline.com-Camat Sasitamean Yanuarius Kabosu  mengatakan, kantor Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang saat ini dihuninya rusak parah. Ini lebih disebabkan kantor tersebut sudah terlalu tua. Sehingga, kalau pun ada upaya rehab, tidak bisa mengubah wajah kantor tersebut.

“Kantor camat itu tidak  harus bangun baru. Sebab, kantornya sudah terlalu tua. Kantor itu kan dibangun dari tahun tidak enak”, kata Camat Yan yang dihubungi melalui telepon selulernya dari Betun, Jumat (12/10/2018).

Camat Yan dimintai pendapatnya terkait pemberitaan sebelumnya yang mengatakan kantor Kecamatan Sasitamean rusak parah. Kondisi itu dapat dilihat pada plafon, tembok dan lantai ruang perangkat kecamatan setempat.

Menurut Camat Yan, kantor Kecamatan Sasitamean itu tidak bisa direhab lagi. Sebaliknya, harus dibangun baru. Untuk bangun baru, dia pernah bersama-sama dengan para kepala desa se-Kecamatan Sasitamean dan pihak terkait membahasnya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) tahun anggaran 2016.

Hasil musyawarah itu kemudian diajukan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Malaka. Sehingga, pihak Dinas PUPR Malaka dalam perencanaannya sudah mendesain gambar dan dibuatkan Rencana dan Anggaran Biaya (RAB)-nya.

Tetapi, desain gambar dan RAB itu ditolak saat Musrenbang Kabupaten. Saat itu, kata Camat Yan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka beralasan masih bangun kantor-kantor dinas di kabupaten. Sedangkan kantor kecamatan dibangun kemudian.  Sehingga, sampai dengan saat ini kantor kecamatan tua itu masih dipakai.

Camat Sasitamean Yanuarius Kabosu. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Camat Yan mengakui adanya dana rehab yang diberikan kabupaten kepada kecamatan sekira Rp2-3 juta. Tetapi, dana itu tidak cukup untuk rehab kantor kecamatan.

Pada tahun anggaran 2017, dana rehab sebesar itu  hanya digunakan untuk rehab rumah jabatan camat dan garasi untuk parkir mobil tanki air.

Kepala Seksi Pelayanan Publik Kecamatan Sasitamean Dominikus Lutan menjelaskan, kantor Kecamatan Sasitamean merupakan salah satu kantor kecamatan tertua di Kabupaten Malaka. Kantor ini dibangun pada 1970 semasa Kabupaten Malaka masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Belu.

“Kantor ini dibangun pada masa-masa sulit bersama-sama dengan beberapa kantor kecamatan lainnya”, jelas Dominikus.

Dalam sejarahnya, menurut Dominikus, Kecamatan Sasitamean awalnya menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Malaka Tengah saat ini, dengan nama Kecamatan Perwakilan Malaka Tengah. Selanjutnya berubah nama menjadi Kecamatan Pembantu Malaka Tengah, dan belakangan berubah nama menjadi Kecamatan Sasitamean.

Sejak berdiri, camat yang pernah memimpin wilayah ini adalah Carlos Kiik, Markus Mau, Andreas Moruk, Bonafasius Bowe, Gabriel Seran, Rofinus Manek, Ludovikus Taolin, Hendrikus Mau, Rofinus Bau, Gabriel Meni Tae dan saat ini Yanuarius Kabosu. (cyk/til)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *