Relawan GESER NTT Bedah Rumah Opa Zakarias dan Oma Serafina di TTS

BETUN, TIMORlime.com-Tim Relawan GESER (Gerakan Seribu Rupiah) Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (29/09/2018), mengunjungi Opa Zakarias Kabnani dan Serafina Atonis di Dusun Maiskolen Desa Polo Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Propinsi NTT.

Dalam kunjungan kali ini mereka membawa berbagai jenis material  untuk bedah rumah milik Opa Zakarias dan Oma Serafina.

Tim relawan ini dipimpin langsung Koordinator Umum Relawan GESER  NTT Zakarias Atapada yang akrab dikenal dengan  Mobi Pada. Dia didampingi Koordinator Relawan GESER Wilayah Kabupaten Kupang Emilia dan Koordinator Relawan GESER Wilayah Kabupaten TTS, Belu dan Malaka Antonetha Uki. Ikut pula beberapa relawan asal Kabupaten Kupang, Kota Kupang, TTU, Belu, Malaka dan TTS.

Koordinator Umum Relawan GESER NTT Zakarias Atapada melalui media sosial WhatsApp yang diterima TIMORline.com, Rabu (03/10/2018) menjelaskan,  bedah rumah milik Opa Zakarias  dan Oma Serafina  berukuran  5 x 7 meter semi permanen. Diperkirakan, bedah rumah berlangsung selama satu bulan terhitung   17 September 2018 lalu.

Ada pun bahan-bahan yang dibutuhkan dan yang sudah ada di lokasi, yakni:

  1. Batu 2 ret, Pasir 2 Ret & Batako 250 biji Sumbangan Sukarela dari NN di Panite-TTS (sudah ada di lokasi);
  2. Semen 16 zak (11 zak sudah ada di lokasi, sisa 5 zak yang belum diadakan);
  3. Balok untuk tiang ukuran 6×12 cm = 12 batang (sudah ada di lokasi);
  4. Balok ukuran 5×10 cm = 22 batang (sudah ada di lokasi);
  5. Usuk ukuran 5×7 cm = 28 batang;
  6. Seng gelombang untuk atap 54 lembar (sudah ada di lokasi);
  7. Seng licin untuk bubungan rumah dan daun pintu jendela (sudah ada di lokasi);
  8. Bebak untuk dinding 160 lempeng (sementara dipesan  keluarga Opa Zakarias, dana  pembelian sudah diserahkan kepada Om Yohanes);
  9. Tanah putih 3 ret (untuk okfol –  belum ada);
  10. Biaya tukang Rp7 juta (Rp2 juta sudah diserahkan, sisa Rp5 juta);
  11. Kayu untuk lata diambil dari sumbangan keluarga Opa Zakarias (tidak ada biaya);
  12. Biaya sensor pohon tuak 2 pohon Rp500.000 (sudah diserahkan kepada keluarga Opa Zakarias yang diterima Om Yohanes).
Para Relawan GESER NTT pose bersama Opa Zakarias dan Oma Serafina bersama para tukang. (Foto: Istimewa).

Koordinator Relawan GESER Wilayah TTS, Belu dan Malaka Antoneta Uki melalui media sosial WhatsApp yang diterima TIMORline.com di Betun, Rabu (03/10/2018) mengatakan, bantuan bedah rumah milik Opa Zakarias dan Oma Serafina baik berupa uang maupun material diperoleh dari sahabat GESER melalui Rekening GESER, sahabat GESER, penggalangan dana melalui rantang berjalan berupa telur bumbu dan  ayam panggang dari Relawan GESER Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Ada pula dana yang diperoleh melalui penjualan baju kaos GESER sebagai  Dana Kas Tetap yang merupakan  sumbangan Kick Andy dan sumbangan dari pemilik kayu (korting harga pada saat beli kayu).

Dari dana yang masuk, menurut Antoneta, sudah dibelanjakan untuk beli kayu dengan ukuran bervariasi Rp2.970.000.-

Ada pula pembelian 14 seng gelombang, seng licin, paku dan lain-lain Rp1.767.000,-, transportasi angkut bahan dan tim relawan dari Kupang ke lokasi PP Rp1 juta untuk 2 mobil, transportasi angkut kayu tahap 2 dari Kupang ke lokasi  Rp600.000.-,  jasa tukang Rp2 juta-masih  tersisa Rp5 juta dan biaya bensin untuk sensor pohon tuak Rp500.000.-

Ada pula biaya pembelian 150 lempeng bebak ditambah transportasi angkut Rp1 juta, biaya konsumsi untuk tukang kerja bangunan Rp500.000 (diterima  istri Om Yohanes dan Oma Serafina dan  transportasi Relawan GESER dari Kupang dan TTU yang menggunakan kendaraan Rp200.000.

Pengeluaran lainnya untuk snack dan konsumsi ke lokasi (di luar  relawan yang bersedia menyiapkan makan siang Rp400.000,-) dan pulsa untuk relawan di lokasi yang dokumentasikan aktivitas pembangunan rumah Rp50.000.

Sedangkan pengadaan perlengkapan dalam rumah akan menyusul, diperkirakan membutuhkan total dana  Rp 10.987.000.-

Para Relawan GESER NTT membuat campuran untuk pembangunan fondasi rumah milik Opa Zakarias Kabnani dan Oma Serafina Atonis. (Foto: Istimewa).

Antoneta menjelaskan, dalam kunjungan relawan kali ini,  selain mengantar bahan bangunan yang ada, di lokasi mereka membantu angkat bahan bangunan, membantu membuat fondasi dan mengambil air untuk pekerjaan fondasi menggunakan mobil pick up.

Relawan juga menyerahkan sebuah palu dan gergaji kepada tukang untuk digunakan pada pembangunan rumah tersebut.

Koordinator Relawan GESER Wilayah Kabupaten Kupang  Emilia menambahkan, saat ini para relawan masih membutuhkan dana untuk  menyelesaikan pembangunan rumah milik Opa Zakarias dan Oma Serafina ini. Sehingga, mereka   harus menggalang dana lagi.

Disebutkan, dana itu untuk membelanjakan dan membayar beberapa kebutuhan seperti belanja  lima zak semen, tiga ret tanah putih untuk okfol dan jasa tukang Rp5 juta.

Bagi sahabat GESER di mana saja yang ingin menyumbangkan dana dan  material dapat menghubungi Relawan GESER  melalui Rekening GESER: 0307984361 BNI a/n Joel Atapada & Rekening BNI 0303097431 a/n Antoneta Uki dengan catatan diposting langsung bukti transfernya  via WA Mobi Pada +6281338261154 & Netha 08113825420 untuk dapat dipertanggungjawabkan melalui media sosial Facebook & WA.

Akun media sosial: Fb: Mobi Pada, Mobi Geser & TataNetha. (cyk/til).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *