Relawan GESER Singapura dan Taiwan Bantu Warga TTS

BETUN, TIMORline.com-Relawan GESER Singapura dan Taiwan membantu Opa Zakarias Kabnani dan Oma Serafina Atonis di Dusun Maiskolen RT 024/RW 011 Desa Polo Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bantuan itu diberikan kepada Opa Zaka dan Oma Fina pada Sabtu (15/09/2018), bersama bantuan yang dihimpun Relawan GESER NTT dan di luar NTT seperti Jawa dan Kalimantan.

Hari itu, sedikitnya 14 Relawan GESER mengunjungi sekaligus menyerahkan bantuan  relawan kepada Opa Zaka dan Oma Fina. Tim Relawan tiba di lokasi sekira pukul 11:00 wita.  Para relawan bertemu Opa Zaka yang buta sejak umur 30 tahun dan Oma Fina di gubuk mereka. Keduanya  tidur di lantai tanah beralaskan karung dan tikar. Rumah yang ditempati berukuran  1,5 x 2 meter tanpa kamar mandi dan toilet.

Sesuai kesaksian Relawan GESER NTT  sebagaimana disampaikan Koordinator Relawan GESER Wilayah TTS Antoneta Uky melalui media sosial WhatsApp yang diterima TIMORline.com di Betun, Selasa (18/09), menyebutkan, karena buta Opa Zaka  tidak bisa berbuat apa-apa. Untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari, Oma Fina menganyam tikar. Hasilnya dijual seharga Rp30.000. Uang ini  dipakai untuk membeli bahan makanan.

Opa Zaka dan Oma Fina basodara sepupu. Opa dan Oma ini tidak menikah. Sehingga, mereka juga tidak punya keturunan.

Pada umur 30 tahun, Zaka buta mata. Atas kondisi itu, Fina memutuskan untuk menjaga dan merawat Zaka. Ketulusan hati Fina itu berlangsung hingga oma-oma saat ini.

Mereka tidak punya siapa-siapa. Mereka pun tinggal segubuk.

Kondisi ini  berhasil  direkam seorang relawan peduli kemanusiaan melalui postingannya di akun media sosial. Postingan ini kemudian didalami Relawan GESER. Mereka pun ketemu Opa Zaka dan Oma Fina.

Relawan GESER dari berbagai pelosok tanah air pun ramai-ramai menyumbang.  Relawan dari NTT sudah pasti. Tetapi, ada pula dari Jawa dan Kalimantan. Bahkan ada relawan dari Singapura dan Taiwan yang ikut menyumbang.

Dalam kesadaran sebagai anak kampung, Tim Relawan GESER NTT atas tuntunan Antoneta Uky, mereka mendatangi gubuk Opa Zaka dan Oma Fina pada Sabtu (15/09/2018).

Koordinator Relawan GESER Wilayah Kabupaten TTS Antoneta Uky pose bersama Opa Zakarias Kabnani dan Oma Serafina Atonis. (Foto: Istimewa).

Mereka membawa bantuan seadanya sekira 18 jenis barang yang dibelanjakan menggunakan dana GESER. Tanpa mengabaikan pemerintah setempat, Koordinator Umum Relawan GESER NTT Zakarias Atapada yang biasa disapa Mobi Pada, Koordinator GESER Wilayah Kabupaten  TTS Antoneta Uky,  Relawan GESER Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka,  menghadirkan Ketua RT 024/011  Markus Liu. Hadir pula  warga setempat.

Tim relawan, pemerintah dan warga setempat bersepakat membangun rumah layak huni bagi   Opa Zaka dan  Oma Fina berukuran 5 x 7 meter. Dana dibantu Relawan GESER dengan  melibatkan pemerintah desa dan masyarakat secara swadaya.

“Kita sama-sama gotong-royong untuk pembangunan rumah orangtua kita. Saya senang menerima kehadiran Relawan GESER di sini yg sudah membawa sumbangan.  Kami siap membantu memperlancar pembangunan rumah”, kata Markus, sang Ketua RT.

Selain barang belanjaan yang dibawa, Relawan GESER juga memberikan dana sebesar Rp1.650.000,- buat pengadaan bahan untuk pembangunan fondasi.

“Setelah fondasi, bahan lainnya akan dibelanjakan dan diantar ke lokasi. Kami Relawan GESER mengharapkan uluran tangan dari kita semua untuk proses pembangunan rumah Opa Zaka dan Oma Fina”, harap Koordinator Relawan GESER Wilayah TTS, Antoneta Uky.

Bagi yang ingin berdonasi bisa menghubungi Koordinator Umum Mobi Pada Hp. 081338261154 dan  Korwil GESER Kabupaten TTS Neta Uky 08113825420. Untuk berbagi bisa berupa uang dan barang. (cyk/til).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *