2018, Tujuh Embung Dibangun di Kecamatan Io Kufeu-Malaka

BETUN, TIMORline.com-Dalam Tahun Anggaran (TA) 2018 ini, sedikitnya tujuh embung dibangun di Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketujuh embung itu terdapat di enam desa, yakni  Desa Tunabesi, Ikan Tuanbeis, Fatoin, Bani-Bani,  Biau dan Tunmat.

Camat Io Kufeu Laurensius Seran kepada TIMORline.com di Betun, ibukota Kabupaten Malaka, Kamis (06/09/2018), menjelaskan, enam dari tujuh embung itu dibangun menggunakan Dana Desa (DD). Dana ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).  Sedangkan satu embung lainnya di Desa Tunmat, dibangun Dinas Tanaman  Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka. Satu-satunya desa dari tujuh desa yang  menjadi wilayah Kecamatan Io Kufeu yang tidak membangun embung adalah Desa Kufeu.

Camat Laurens berharap ketujuh embung itu bisa meminimalisir kesulitan air bersih warganya. Selain untuk kebutuhan rumah tangga warga, juga untuk kebutuhan  ternak dan pertanian.

“Embung-embung ini sangat dinanti-nanti masyarakat Io Kufeu”, tandas Camat Laurens.

Pembangunan embung Oebone Desa Ikan Tuanbeis. Inzet: Hubertus Molo, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Io Kufeu. (Foto: Istimewa).

Kepala Desa (Kades) ikan Tuanbeis Kornelis Molo yang ditemui TIMORline.com, Kamis (06/09/2018) menjelaskan, dana pembangunan  embung di desanya berasal dari DD yang bersumber dari Anggaran Pendapatan  dan Belanja Negara (APBN) TA 2018.

Menurut Kornelis, embung sangat bermanfaat bagi warganya.

Selain untuk kebutuhan warga, embung yang dibangun dapat dimanfaatkan untuk ternak dan pertanian.

“Anggarannya sekira Rp190 juta. Sumbernya dari dana desa”, tandas Kornelis.

Sesuai pantauan TIMORline.com, embung yang dibangun di Desa Ikan Tuanbeis ini  bersumber dari Oebone. Debitnya besar karena sumbernya persis di tengah-tengah penampung. Jauhnya diperkirakan 70 meter dari perkampungan.

Embung lainnya  sudah dibangun di Desa Tunabesi.  Ukurannya  40 x 50 x 5 meter. Anggarannya sebesar Rp190 juta. Diperkirakan dapat menampung  kurang lebih 10.000 meter kubik air. (cyk/til)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *