Kalapas Manokwari Komit Berantas Narkoba

MANOKWARI, TIMORline.com-Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari  Papua Barat Tatang Suharman komit melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).  Karena itulah Tatang akan melakukan pemetaan (mapping) di internal jajarannya.

“Kita akan melakukan mapping. Setelah itu baru kita adakan penggeledahan terhadap barang-barang warga binaan yang memang dilarang berada di dalam Lapas,”  kata Tatang kepada wartawan di Manokwari, Senin (03/09/2018).

Menurut Tatang, setelah mengenal warga binaan Lapas Kelas IIB Manokwari yang sering menggunakan narkoba, petugas Lapas akan melaksanakan pembinaan terhadap warga binaannya.

“Kalau pembinaan itu sulit baru kita bekerjasama dengan BNN untuk melakukan penanganan lebih lanjut,”  jelas Tatang.

Tatang menegaskan, jika ada oknum pegawai yang terlibat dalam kasus penyelundupan narkoba di dalam Lapas Kelas IIB Manokwari, yang bersangkutan akan mengikuti pembinaan.

“Bila perlu awal-awal ini kita lakukan tes urine terlebih dahulu. Setelah tes urin kalau ada yang belum melakukannya kita datangi yang bersangkutan,” terangnya.

Apabila dalam kegiatan tes urine tersebut ada pegawainya yang positif menggunakan narkoba,  Tatang akan bekerjasama dengan pihak BNN untuk dilakukan esesmen atau pembinaan lebih jauh lagi. Bahkan Kemenkumham Pusat telah melakukan kerjasama dengan BNN dalam rangka penanganan pegawai dan warga binaan pengguna narkoba.

“Jadi, akan diadakan rehabilitasi bagi petugas dan warga binaan yang menggunakan narkoba, bukan pengedar dan bandar. Nanti kita akan tindaklanjuti kerjasama itu supaya kita bisa bekerja lebih efektif,” terangnya.

Lapas Kelas II B Manokwari dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Perwakilan Papua Barat telah melakukan  penandatanganan perjanjian kerjasama tentang program P4GN pada 28 Agustus 2018.

Lapas setempat juga telah menandatangani  Nota Kesepahaman dengan Satuan Narkoba Polres Mimika guna mencegah dan memberantas tindak pidana narkoba di wilayah hukum Kabupaten Manokwari pada Kamis 30 Agustus 2018. (mel)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *